Senin, 13 Desember 2010

TERSANDUNG SYIRIK bag. 2

jelangkung
Dengan papan tulis hitam kecil kami dekatkan tangan jalangkung yang diberi ikatan sebuah kapur tulis putih sebagai media untuk menulis.Sejenak mas Dukun duduk bersila disamping kami dan mulai berkomat kamit membaca mantra entah apa yang diucapkannya.
Tiba tiba ada rasa aneh ditanganku dan pastinya ditangan temanku juga…seperti ada penambhan beban di jalangkung yang kami pegang…boneka itu menjadi terasa berat…kata mas Dukun berarti udah ada arwah yang memasukinya…Sebenarnya sih aku takut juga..bahkan mulai gemetar memegangi boneka itu…tapi aku mencoba untuk menenangkan perasaan dengan mengikuti gerakan gerakan kecil jalangkung dan selalu terkesan mendadak jika jalangkung bergerak….aku semakin takut dengan kejutan kejutan gerakan dari jalangkung …antara percaya dan tidak ,,, jalangkung seakan akan menjawab pertanyaan yang diajukan mas Dukun…..dan kami hanya boleh diam dan harus mengikuti gerakan gerakan yang terjadi…….mantra pertama telah selesai dan ketika mas Dukun mengajukan pertanyaan tentang nama arwah yang memasuki jalangkung ..dengan mendadak jalangkung bergerak menuliskan kapur di papan tulis hitam dengan coretan yang sulit diikuti pembacaannya…seiring dengan garis pertama yang dicoretkan jalangkung aku semakin ketakutan….bagaimana tidak ? kami hanya bertiga di rumah kosong di tengah malam…bermain main dengan setan….akhirnya selesai sudah coretan di papan tulis …dan jalangkung kita pegang sesuai posisi semula saat diam….Mas Dukun mencoba menganalisa …apa yang tertulis dipapan……lalu dengan sedikit komat kamit,mas Dukun mulai membuat pertanyaan lagi ke jalangkung,,,tapi jalangkung tetap diam…dan kami memeganginya dengan gemetar,,karena terpikir olehku jalangkung ini bisa terbang mengacak acak wajah kami seperti  cerita orang orang jika jalangkung marah………Sebenarnya aneh juga,,,masak boneka kayu ini ditanyai nama ,alamat,..,sebab sebab kematiannya….dsb …Tapi karena aku sudah diyakinkan sama mas Dukun kalau dia bisa komunikasi dengan makhluk gaib ya …aku ngikut aja….akhirnya disimpulkan bahwa roh yang masuk jalangkung yang kita pegangi adalah roh seorang bayi…jadi nggak merespon saat ditanya….kemudian mas Dukun mengatakan pada kami akan memanggil roh yang sudah dewasa….kami semakin takut…dan benar saja …sejenak setelah komat kamit ,,jalangkung menjadi terasa berat lagi…kami tidak terlalu kaget karena tadi sudah merasakan seperti apa yang terjadi saat ini…
Pertanyaan kali ini adalah menanyakan tentang ramalan kode nomor buntut yang akan keluar periode minggu depan…ini sebenarnya misi kami…karena aku ingin kaya…ingin mendapat undian PORKAS…buat beli baju,beli sepatu beli buku dan sebagaianya….waktu itu baru musimnya PORKAS…judi resmi dari pemerintah yang berdalih sumbangan untuk olah raga…pelaaaann kapur tulis ditangan jalangkung bergerak dengan garis garis bergetar membentuk gambar sepatu yang tak sempurna…dan anehnya terlihat gambar sepatu yang depannya tergambar jempol yang keluar….,,,,,,,,sebelum melanjutkan pertanyaan berikutnya , mas dukun menganalisa apa yang dimaksud dengan gambar yang sudah tercipta ini…dan berapa angka yang dimaksud oleh gambar ini………
Dari diskusi kami akhirnya kami sepakat bahwa maksud jalangkung adalah angka 17….atau Ji Tu..siji pitu….karena gambarnya adalah driji metu ( jari keluar )…terbayang diriku besuk akan mendapat hadiah unidian meski hanya 2 angka….lumayan dengan uang saku dari embahku yang kukumpulkan akan kebelikan kode buntut semua….biar nambah jumlahya…..!!
Pertanyaan selanjutnya dilakukan…dan mas Dukun menanyakan sesuatu yang kutakutkan….dia menanyakan tentang minuman kesukaan jalangkung…..spontan aku teringat perkataan orang orang bahwa jalangkung paling suka minum darah….dan terbayang olehku jalangkung akan memakanku….akhirnya pikirannku terdramatisir dengan kejadian kejadian menakutkan…spontan jalangkung kulemparkan keatas dan aku lari kencang untuk pulang…..ngeri….teriakan mas Dukun memanggilku tak kuhiraukan….aku tetap lari…meski dari kejauhan dia mengatakan takkan terjadi apa apa ,,,tapi ketakutanku membuat aku berani lari pulang sendirian….
Dengan nafas terengah engah…sampailah di depan pintu rumah….dengan mengatur nafas agar tak terkesan habis berlarian aku memberanikan diri mengetuk pintu…tanpa memanggil nama siapapun yang ada didalam rumah…aku hanya mengetuk sambil sesekali melirik kanan kiri …jangan jangan ada yang mengikutiku…” tok….tok…tok……………tok..tok..tok…” berkali kali aku mengetuk pintu…akhirnya pintu dibuka ….dengan marah ibu tiriku …mengatakan “ mbok yen dodok dodok karo celuk celuk…Su asu..!! bukakke lawang…sing neng njeroki mbok anggep opo ?? hah..!!( kalau ketok pintu mbok sambil sebut nama siapa yang suruh mbuka…misalnya Njing anjing,…bukain pintu…!! Kami itu kamu anggap apa ?? hah !!........)..Aku tertunduk diam…merasa bersalah….akhirnya ibu memanggil bapak dengan mengatakan agar aku diberi hukuman karena main sampai malam baru pulang….terlihat bapak mendatangiku dari dalam rumah…dan hanya mengatakan “ Ayo masuk !!” tanpa marah sedikitpun dan terkesan cuek….tapi kata kata mutiara ibuku masih terdengar dan akhirnya hilang karena aku tertidur…ternyata aku pulang jam 2 malam……..
Besuknya aku semangat sekali untuk masuk sekolah dan sepulang sekolah segera mendaftar beli nomor buntut meski dengan 2 angka …uangku 3 ribu ( tahun 89 )hasil mengumpulkan berminggu minggu kubelikan semua dan aku mulai menyusun rencana untuk membeli apa saja dengan uang yang akan kudapatkan dari hasil undian PORKAS nanti……dengan semangat aku menceritakan kalau besuk aku akan beli ini..beli itu …mau ini ..mau itu….seakan yakin akan mendapat uang kurang lebih 300 ribu……aku seperti orang gila dipermainkan harapanku sendiri yang tanpa sadar sebenarnya hanya dramatisir keyakinan yang belum tentu pasti….
Saat yang dinanti tiba….pengumuman keluarnya kode buntut mulai terdengar dari mulut ke mulut entah siapa yang mengawalinya akhirnya terdengar di komunitas RT ku dan terdengar di telingaku…yang termemori di telingaku hanya kode 3 angka belakang …yang keluar angka 147…………..musnah sudah harapanku….hancur sudah keinginan yang kurencanakan….malu rasa hati ini karena terlalu semangat mengumbar cerita harapan kepalsuan yang kuyakini……akhirnya kusimpulkan mas Dukun ternyata tidak ampuh……saat aku ketemu mas Dukun sore hari….dia mengatakan bahwa tak ada yang salah dengan gambar sepatu sobek dari jalangkung kemarin malam…dank ode buntut yang keluar sudah sangat sesuai dengan gambar sepatu….aku bertanya “kok bisa ?? lha wong yang keluar 147 !! bukan 17 !!”….lalu dia menjelaskan bahwa makna dari “se pa tu “ adalah se= satu ( setunggal ) ,…pat = empat…dan tu..= tujuh…jadi se pat tu = 1 4 7….!! ….aku berpikir ..benar juga nih mas Dukun ternyata aku yang bodoh menterjemahkan kata sepatu…..aku masih tetap percaya pada dukun itu…apalagi saat di memperlihatkan 2 buah batu akik yang ditaruh di piring putih…bisa bergerak mendekat antara batu satu ke batu satunya…..meski awalnya batu akik itu diletakkan berseberangan……katanya batu akik ini adalah batu akik pemikat lawan jenis…..wuih…aku pengin banget memilikinya karena aku sering sekali dijauhi cewek cewek yang ku suka….kata mas Dukun syaratnya berat…ngambilnya di area kuburan di Kartasura…aku jadi ciut mendengarnya karena aku memang penakut……
Aku heran kenapa Bapakku nggak pernah marah jika aku bergaul dengan mas Dukun….ternyata bapakku adalah pengikutnya mas Dukun juga….Cuma hari ritualnya tidak bareng dengan yang anak anak kecil…….lama lama aku bosan dengan nomor buntut yang gak pernah kudapatkan…cerita cerita mistis yang tak pernah kulihat sendiri kesungguhannya…..apalagi murid murid yang tua menceritakan bahwa mereka melihat naga yang sangat besar tertawa…..saat ritual di tengah persawahan……bagiku semua itu hanya bualan orang yang tergila gila dengan harapan palsu….apalagi saat aku mengetahui pengikutnya yang tua ada yang bertingkah aneh ..seolah olah seperti raja….dan benar saja bahwa beliau mengumpulkan semua orang dan mengatakan bahwa dia adalah raja Keraton Solo….Wuaaahh…heboh di keluargaku….sepertinya semua jadi gila gara gara ikut ritual dukun abg di kampungku….
Kupupus harapan untuk kaya…kupupus harapan untuk memiliki banyak teman teman wanita…satu korban dari keluargaku cukup mampu menyadarkanku bahwa gak ada yang benar dengan ucapan dukun…Dukun itu penipu…hanya pandai mempengaruhi…apalagi orang yang tidak punya kemantapan iman seperti aku saat itu….Ketakutan itu hanya tercipta dari imajinasi sendiri…kalo kita berpikir tentang takut maka kita akan benar benar takut…..sesuatu yang tidak ada akan terlihat ada karena halusinasi dari konsentrasi kita saat kita memikirkan sesuatu…..Kalau tidak percaya silahkan dibuktikan….sendirianlah Anda diluar…ambil nafas agar teratur..dengarkan denyut nadi dijantung….sampai benar benar terdengar….lihat depan anda jarak 5 meter….bayangkan depan anda ada tengkorak….pelototi dan yakinkan mata Anda melihat tengkorak…maka anda akan benar benar melihat tengkorak di depan anda….aku pernah membuktikan dan akhirnya aku ketakutan sendiri dan lari masuk kamar…..itu adalah kekuatan konsentrasi…..sisi baiknya adalah jika kita konsentrasi dengan sesuatu yang baik…maka jiwa kita akan didatangi sesuatu yang baik juga ..Insyaa Alloh…!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar